Langsung ke konten utama

Quiz PBKK Kelas A

 Quiz PBKK A

    Pada kesempatan kali ini saya mengerjakan soal Quiz, berikut merupakan hasil dari pemikiran saya :


1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?

    Framework (kerangka kerja) adalah seperangkat aturan, pedoman, dan alat yang disediakan untuk membantu developer dalam membangun aplikasi atau sistem dengan lebih efisien. 
    Struktur framework adalah organisasi atau tata letak umum dari komponen, direktori, dan berkas yang digunakan dalam sebuah proyek yang dibangun dengan menggunakan framework tersebut. Struktur framework dirancang untuk menyediakan kerangka kerja yang konsisten dan terstruktur.Setiap framework dapat memiliki struktur yang berbeda tergantung pada tujuannya. Kegunaannya dalam pengembangan perangkat lunak antara lain :

  • Meningkatkan Produktivitas : Developer tidak perlu membuat dari awal, karena komponen dan alatnya sudah tersedia
  • Standarisasi: Penggunaan framework menghasilkan penulisan code yang konsisten, sehingga dapat dipahami oleh programmer lainnya
  • Reusabilitas: Penggunaan framework memungkinkan developer untuk menggunakan kembali komponen(fungsi) yang telah ada
  • Keamanan: Penggunaan framework dapat membantu melindungi aplikasi dari berbagai serangan keamanan
  • Dokumentasi: Penggunaan framework memudahkan pengembang dalam memahami cara menggunakan berbagai komponen dan fitur
  • Skalabilitas: Penggunaan framework dapat mempermudah developer untuk memperbesar aplikasi sesuai dengan perkembangan kebutuhan

2. Dalam pembuatan aplikasi, dikenal dengan Universal Windows Platform. Digunakan untuk membuat aplikasi yang mempunyai karakteristik seperti apa? Jelaskan sertai dengan contoh.


    UWP (Universal Windows Platform) adalah sebuah platform yang dikembangkan oleh Microsoft, berguna dalam pembuatan aplikasi yang berjalan di berbagai perangkat yang menjalankan sistem operasi Windows. Karakteristik yang dimiliki oleh aplikasi tersebut antara lain:

  • Multi-Platform: Aplikasi UWP dapat berjalan di berbagai perangkat yang memiliki sistem operasi Windows.
  • Desain Responsif: Aplikasi UWP dapat menyesuaikan antarmuka pengguna dengan berbagai ukuran layar, orientasi, dan resolusi.
  • Antarmuka Pengguna Modern: Aplikasi UWP menggunakan antarmuka pengguna modern seperti elemen UI yang bersih, animasi halus, dan integrasi dengan kontrol sentuhan.
  • Sandboxing: Aplikasi UWP dijalankan dalam kontainer yang terisolasi, sehingga mereka tidak dapat memengaruhi sistem operasi atau aplikasi lain. Ini memberikan tingkat keamanan dan stabilitas yang tinggi.
  • Akses ke Fitur Windows: Aplikasi UWP memiliki akses ke berbagai API Windows, sehingga memungkinkan mereka untuk memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia dalam sistem operasi Windows.

3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah desain aplikasi Koleksi Album foto yang bisa menghimpun foto, deskripsi , informasi foto diambil/ metadata, dan juga bisa menghapus maupun update.






4. Implementasikan soal no 4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di Youtube, dan embedded di blog dokumentasi.

Repository : Photolab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas Pertemuan 15 - Membuat aplikasi dengan Google Framework

  Membuat aplikasi dengan memanfaatkan Framework Google Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi hasil belajar terbaru saya. Saya berhasil membuat penerapan dari google apps script. Dalam penerapannya, saya menggunakan bahasa html, css, dan javascript. Saya juga memanfaatkan framework google. Berikut saya lampirkan hasil code dan screenshot saya: Github :  Repository Web :  Formulir Pendaftaran Siswa (Deploy)   Screenshot: Berikut merupakan hasil data yang telah diinput oleh user : Saya harap artikel ini dapat memberikan inspirasi kepada teman-teman yang ingin memulai perjalanan pemrograman atau meningkatkan keterampilan mereka

Tugas Pertemuan 2 - Kalkulator Sederhana dan Camera Cature

 Kalkulator Sederhana dan Camera Capture      Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi hasil belajar terbaru saya. Saya berhasil membuat kalkulator sederhana dan Webcam yang dapat menangkap gambar(Capture Camera). Dalam penerapannya, saya menggunakan bahasa C# dan memanfaatkan framework .NET di Microsoft Visual Studio.  Kalkulator Sederhana      Kalkulator ini memiliki fitur dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan juga tombol 'clear'.                         Penjumlahan                                                Pengurangan                              Perkalian                                                Pembagian Clear Berikut adalah kode yang saya gunakan untuk membuat kalkulator sederhana ini: Camera Capture      merupakan semacam Webcam dimana memiliki beberapa tombol yang berguna untuk memilih kamera, menangkap dan menyimpan gambar. Fitur-fitur yang dimiliki antara lain :  - Memilih sumber kamera    - Menangkap gambar (capture) Hasil tan

Quiz - Aplikasi Tiket Bioskop

     Pada kesempatan kali ini saya mengerjakan soal Quiz, berikut merupakan hasil dari pemikiran saya : 1. Buatlah deskripsi aplikasi dan ruang lingkup fitur yang akan dikerjakan (individu)     BioskopIn merupakan aplikasi pembelian tiket bioskop secara online yang dapat diakses pada laman web kapan saja dan dimana saja. BioskopIn dapat menjadi solusi  untuk pengalaman bioskop online yang lebih praktis dan menyenangkan. Dengan berbagai fitur yang useful dan menarik, BioskopIn memastikan setiap langkah anda berjalan lancar dan memuaskan. Ruang Lingkup Fitur : 1). Pemesanan Tiket Pesan tiket dengan mudah dan cepat, dengan pilihan jadwal yang fleksibel. 2). Jadwal Film Telusuri jadwal film terkini di bioskop terdekat. Dapatkan informasi lengkap tentang film, termasuk trailer, ulasan, dan detail pemeran. 3). Pilihan Tempat Duduk Pilih tempat duduk favorit Anda melalui tampilan interaktif peta kursi. Pastikan kenyamanan selama pemutaran dengan memilih tempat duduk yang diinginkan. 4). Pemba