ETS APSI-D
1. Jelaskan jenis-jenis sistem informasi dan penggunaannya
- Sistem pendukung operasi
Dalam suatu organisasi, input data dilakukan oleh pengguna akhir yang diproses untuk menghasilkan produk informasi yaitu laporan, yang digunakan oleh pengguna internal dan atau eksternal. Sistem seperti ini disebut sistem pendukung operasi.
Tujuan dari sistem pendukung operasi adalah untuk memfasilitasi transaksi bisnis, mengontrol produksi, mendukung komunikasi internal maupun eksternal dan memperbarui database pusat organisasi. Sistem pendukung operasi dibagi lagi menjadi sistem pemrosesan transaksi, sistem kontrol pemrosesan, dan sistem kolaborasi perusahaan.
- Sistem Pemrosesan Transaksi (TPS)
Dalam organisasi manufaktur, ada beberapa jenis transaksi lintas departemen. Departemen organisasi yang umum adalah Penjualan, Akun, Keuangan, Pabrik, Teknik, Sumber Daya Manusia, dan Pemasaran. Di mana transaksi berikut dapat terjadi pesanan penjualan, retur penjualan, penerimaan tunai, penjualan kredit; slip kredit, akuntansi material, manajemen persediaan, akuntansi depresiasi, dll.
Transaksi ini dapat dikategorikan ke dalam pemrosesan transaksi batch, pemrosesan transaksi tunggal, dan pemrosesan transaksi waktu nyata.
- Sistem Kontrol Proses
Dalam organisasi manufaktur, keputusan tertentu dibuat oleh sistem komputer tanpa intervensi manual. Dalam jenis sistem ini, informasi penting diumpankan ke sistem secara real-time sehingga memungkinkan kontrol proses. Sistem semacam ini disebut sebagai sistem kontrol proses.
- Sistem Kolaborasi Perusahaan
Belakangan ini, ada lebih banyak tekanan pada upaya tim atau kolaborasi di berbagai tim fungsional. Sebuah sistem yang memungkinkan upaya kolaboratif dengan meningkatkan komunikasi dan berbagi data disebut sebagai sistem kolaborasi perusahaan.
- Sistem Pendukung Manajemen
Manajer memerlukan informasi yang tepat dalam format tertentu untuk melakukan keputusan organisasi. Sebuah sistem yang memfasilitasi proses pengambilan keputusan yang efisien bagi para manajer disebut sistem pendukung manajemen.
Sistem pendukung manajemen pada dasarnya dikategorikan sebagai sistem informasi manajemen, sistem pendukung keputusan, sistem pakar dan sistem informasi akuntansi.
Sistem informasi manajemen memberikan informasi kepada manajer yang memfasilitasi proses pengambilan keputusan rutin. Sistem pendukung keputusan memberikan informasi kepada manajer yang memfasilitasi solusi terkait masalah tertentu.
2. Kapan system request dibuat? Tuliskan isi dari system request?
System Request dibuat ketika sebuah system yang sudah ada ingin dikembangkan(penambahan fitur) atau ketika ada kebutuhan pembuatan system baru untuk sebuah bisnis. Isi dari system request adalah sebagai berikut :
- Project Sponsor : Orang yang menginisiasi sebuah proyek
- Kebutuhan bisnis : Berisi alasan-alasan yang mendasari proyek dimana alasan tersebut mengacu dengan bisnis yang ingin dikerjakan
- Keperluan bisnis : isi nya didasarkan kepada kemampuan bisnis yang harus dimiliki oleh sistem
- Nilai bisnis mendeskripsikan berbagai manfaat yang nantinya didapatkan organisasi dari sistem
- Special issues atau Constraint merupakan isu isu yang relevan dengan pembangunan sistem yang nantinya perlu mendapatkan persetujuan
3.Apa perbedaan dari businees need, requirement, dan value?
Perbedaan :
- Businees need berisi latar belakang dan tujuan mengapa system perlu dibuat
- Businees requirement berisi tentang kebutuhan sebuah sistem bisa beserta fitur-fitur yang diinginkan
- Businees Value berisi keuntungan dan manfaat dari pembuatan sistem
4. Deskripsikan strategi yang dilakukan dalam tahapan analysis?
Pertama, anda dapat memahami sistem yang akan di buat. Lalu, identifikasi perbaikan/perubahan. Selanjutnya, menentukan persyaratan untuk sistem baru sesuai dengan kebutuhannya. Setelah semua hal diatas telah di selesaikan, maka tahapan final dari bagian analisi ini ialah pembuatan system proposal, dimana memuat pernyataan definisi persyaratan terperinci, kasus penggunaan, model proses, dan model data bersama dengan analisis kelayakan yang telah direvisi dan rencana kerja
5. Bagaimana caranya untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan yang sesuai dengan system request?
- Project sponsor harus paham sistem dengan sistem apa yang ingin di buat
- Merekrut tim yang sudah ahli dalam sistem tersebut
- Selalu berkomunikasi
- Menuliskan fitur yang masuk akal
- Perlu memahami isu yang akan terjadi, sehingga dapat di antisipasi sejak awal
6. Pilih salah satu pertanyaan, kemudian terangkan dengan Video Explainer diupload di youtube dan diembedded di blog. Sebagai pembuka video tampilkan profil pembuat, nama, nrp, dan kelas. Pengumpulan terakhir 4 April 2023
Berikut ini adalah video mengenai pembahasan soal no.2 yaitu mengenai System Request.
Link : Video Explainer
Komentar
Posting Komentar