Langsung ke konten utama

Tugas 6 - Analisa Use Case

Use Case

Definisi Use Case

    Use case adalah salah satu jenis diagram UML (Unified Modelling Language). Use case diagram ini menggambarkan hubungan interaksi antara sistem dan aktor. Use Case juga dapat mendeskripsikan tipe interaksi antara si pengguna sistem dengan sistemnya. 

Bagian - bagian dari sebuah Use Case :

  • Setiap use case memiliki nama dan nomor, serta deskripsi singkat
  • Terdapat Actor, yaitu sebuah orang atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem untuk mencapai tujuan yang bermanfaat
  • Terdapat Trigger, yaitu sebuah event yang menyebabkan use case mulai
  • Terdapat Preconditions, berisi hal hal apa saja yang perlu diselesaikan sebelum setiap use case dimulai. 
  • Terdapat Normal course, berisi deskripsi dari langkah-langkah utama yang dilakukan untuk mengeksekusi respon terhadap event, input yang digunakan untuk langkah-langkah tersebut, dan output yang dihasilkan oleh langkah-langkah tersebut.
  • Terdapat Alternative courses, menggambarkan cara alternatif dari langkah-langkah yang akan mengarah pada kesimpulan kasus penggunaan yang berhasil.
  • Terdapat Postconditions, mendefinisikan produk akhir dari use case. Kondisi akhir ini juga berfungsi untuk menentukan prasyarat untuk kasus penggunaan berikutnya dalam rangkaian.
  • Terdapat Exceptions, merupakan kejadian atau kesalahan yang tidak biasa yang berpotensi ditemui dan akan menyebabkan hasil yang tidak berhasil.
  • Terdapat Summary of Inputs and Outputs, merupakan bagian terakhir dari use case merangkum kumpulan input dan output utama dari use case, bersama dengan sumber atau tujuannya.

Analisa Use Case :

    Analisa Use Case ini dibuat untuk menganalisa transaksi yang terjadi pada minimarket, Alfamart. Hubungan yang dibahas antara kasir sebagai actor dan sistem kasir.

Use Case Diagram :


Referensi : 

https://fajarbaskoro.blogspot.com/2018/10/apsi-analisa-use-case.html

https://www.dicoding.com/blog/contoh-use-case-diagram/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 8 - Data Modelling

Data Modelling     Data modelling adalah  proses menciptakan representasi visual atau blueprint yang menentukan pengumpulan informasi dan sistem manajemen berbagai organisasi. B lueprint   atau data model ini membantu berbagai pemangku kepentingan, seperti analis, ilmuwan, dan perekayasa data untuk menciptakan pandangan terpadu mengenai data organisasi. Model tersebut menguraikan data yang dikumpulkan oleh bisnis, hubungan antara berbagai set data, dan metode yang akan digunakan untuk menyimpan serta menganalisis data.      Netflix adalah layanan streaming yang menawarkan berbagai acara TV pemenang penghargaan, film, anime, dokumenter, dan banyak lagi di ribuan perangkat yang terhubung ke Internet.       Berikut ini merupakan implementasi dari data modelling aplikasi Netflix, dimana terdapat data berupa account, profile, subcription package, watchlist, movies, genre dan cast. Digambarkan dalam bentuk  Conceptual Data ...

Tugas Pertemuan 2 - Kalkulator Sederhana dan Camera Cature

 Kalkulator Sederhana dan Camera Capture      Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi hasil belajar terbaru saya. Saya berhasil membuat kalkulator sederhana dan Webcam yang dapat menangkap gambar(Capture Camera). Dalam penerapannya, saya menggunakan bahasa C# dan memanfaatkan framework .NET di Microsoft Visual Studio.  Kalkulator Sederhana      Kalkulator ini memiliki fitur dasar seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan juga tombol 'clear'.                         Penjumlahan                                                Pengurangan                              Perkalian                ...

Tugas 2 - System Request

Pengertian System Request System Request adalah sebuah dokumen berisi alasan bisnis untuk membangun sebuah sistem dan hasil yang diharapkan dari sistem tersebut. Dibuat oleh seorang Project Sponsor. Tujuan System Request Memudahkan pembuat sistem dalam memahami kebutuhan Project Sponsor serta sebagai bentuk formal dalam memulai sebuah proyek Berikut ini merupakan contoh sebuah System Request : System Request: Pembuatan Aplikasi Streaming video berbasis online (Vidio) Project Sponsor: Adi Sariatmadja Kebutuhan Bisnis: aplikasi ini dibuat untuk meningkatkan penjualan karya kreatif yang berasal dari Indonesia, memiliki kategori yang beragam dan kualitas yang menakjubkan. Business Requirement: Menggunakan platform Website, pelanggan dapat berlangganan dan menonton video secara langsung. Berikut adalah beberapa keperluan lain dari sistem, antara lain: Mencari Video dari koleksi yang tersedia Menonton trailer dari film ya...