Langsung ke konten utama

Tugas 6 - Analisa Use Case

Use Case

Definisi Use Case

    Use case adalah salah satu jenis diagram UML (Unified Modelling Language). Use case diagram ini menggambarkan hubungan interaksi antara sistem dan aktor. Use Case juga dapat mendeskripsikan tipe interaksi antara si pengguna sistem dengan sistemnya. 

Bagian - bagian dari sebuah Use Case :

  • Setiap use case memiliki nama dan nomor, serta deskripsi singkat
  • Terdapat Actor, yaitu sebuah orang atau sistem lain yang berinteraksi dengan sistem untuk mencapai tujuan yang bermanfaat
  • Terdapat Trigger, yaitu sebuah event yang menyebabkan use case mulai
  • Terdapat Preconditions, berisi hal hal apa saja yang perlu diselesaikan sebelum setiap use case dimulai. 
  • Terdapat Normal course, berisi deskripsi dari langkah-langkah utama yang dilakukan untuk mengeksekusi respon terhadap event, input yang digunakan untuk langkah-langkah tersebut, dan output yang dihasilkan oleh langkah-langkah tersebut.
  • Terdapat Alternative courses, menggambarkan cara alternatif dari langkah-langkah yang akan mengarah pada kesimpulan kasus penggunaan yang berhasil.
  • Terdapat Postconditions, mendefinisikan produk akhir dari use case. Kondisi akhir ini juga berfungsi untuk menentukan prasyarat untuk kasus penggunaan berikutnya dalam rangkaian.
  • Terdapat Exceptions, merupakan kejadian atau kesalahan yang tidak biasa yang berpotensi ditemui dan akan menyebabkan hasil yang tidak berhasil.
  • Terdapat Summary of Inputs and Outputs, merupakan bagian terakhir dari use case merangkum kumpulan input dan output utama dari use case, bersama dengan sumber atau tujuannya.

Analisa Use Case :

    Analisa Use Case ini dibuat untuk menganalisa transaksi yang terjadi pada minimarket, Alfamart. Hubungan yang dibahas antara kasir sebagai actor dan sistem kasir.

Use Case Diagram :


Referensi : 

https://fajarbaskoro.blogspot.com/2018/10/apsi-analisa-use-case.html

https://www.dicoding.com/blog/contoh-use-case-diagram/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek

Seleksi dan Manajemen Proyek Study case  Aplikasi HR  :  GreatDay HR - Metodologi proyek     Metodologi agile merupakan rekomendasi pertama untuk aplikasi GreatDayHR. P ada sistem ini, pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda seiring jalannya proyek. Maka, metodologi agile sangat sesuai dengan kebutuhan sistem tersebut, dimana metodologi ini dapat menyesuaikan kondisi proyek berdasarkan perubahan di tengah proses manajemen. Selain itu, juga cocok untuk dikembangkan oleh tim kecil karena metode ini menawarkan cara kerja yang dinamis dalam bekerja dan berkolaborasi. Karena banyak nya keunggulan tersebut, saya rasa metodologi ini cocok digunakan dalam proyek pengembangan aplikasi GreatDay HR. - Penjadwalan dan Perencanaan Kerja - Pembagian Tim dan Tugas - Manajemen Resiko     Didalam suatu proyek pasti ada kemungkinan hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Resiko-resiko tersebut seharusnya dapat diantasipasi sejak awal, tetapi tidak semua rencana selalu berjalan lancar. Maka dari it

Pengantar PBKK

     Halo! Izinkan saya memperkenalkan diri, saya adalah Jawahirul Wildan, mahasiswa semester 5 jurusan Teknik Informatika di ITS. NRP saya adalah 5025211150. Saat ini, saya tengah mengikuti mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja dengan kode kelas A.      Saya senang ingin berbagi bahwa segala hasil kerja keras saya dalam mata kuliah ini akan saya unggah di blog pribadi saya di alamat jawahirulwildan.blogspot.com . Bagi Anda yang tertarik untuk melihat perkembangan proyek dan tulisan saya, silakan mengunjungi blog tersebut.      Selain itu, saya sangat terbuka untuk berkomunikasi dan berdiskusi secara lebih langsung. Anda bisa menghubungi saya melalui email di jawahirulwildan@gmail.com . Saya sangat menghargai setiap masukan, pertanyaan, atau diskusi yang bisa memperkaya pemahaman kita.      Sebagai catatan, saya juga memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi, terutama dalam kerja kelompok. Saya pernah mengerjakan sebuah aplikasi peminjaman online menggunakan framework N

Quiz PBKK Kelas A

 Quiz PBKK A     Pada kesempatan kali ini saya mengerjakan soal Quiz, berikut merupakan hasil dari pemikiran saya : 1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?      Framework (kerangka kerja) adalah seperangkat aturan, pedoman, dan alat yang disediakan untuk membantu developer dalam membangun aplikasi atau sistem dengan lebih efisien.       Struktur framework adalah organisasi atau tata letak umum dari komponen, direktori, dan berkas yang digunakan dalam sebuah proyek yang dibangun dengan menggunakan framework tersebut. Struktur framework dirancang untuk menyediakan kerangka kerja yang konsisten dan terstruktur.Setiap framework dapat memiliki struktur yang berbeda tergantung pada tujuannya. Kegunaannya dalam pengembangan perangkat lunak antara lain : Meningkatkan Produktivitas : Developer tidak perlu membuat dari awal, karena komponen dan alatnya sudah tersedia Standarisasi: Penggunaan framework menghasilkan penulisan code yang konsisten