Langsung ke konten utama

Tugas 1 - Sistem Informasi

 

Deskripsikan sistem informasi

Sistem informasi jika ditinjau berasal dari dua kata yaitu kata sistem dan informasi. Pengertian dari sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai     suatu tujuan tertentu. Sedangkan, informasi memiliki pengertian sebuah data (fakta) yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya.

Secara umum sistem informasi dikenal sebagai perangkat lunak yang dapat membantu pengaturan atau analisis data. Menurut seorang ahli, John F. Nash, sistem informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atau transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Sehingga, pengertian dari sistem informasi adalah seperangkat komponen yang terintegrasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan memproses data dan untuk menyediakan informasi, pengetahuan, dan produk digital yang digunakan oleh badan usaha atau organisasi.

Digunakan untuk apa

Tujuan Sistem Informasi

Sistem informasi memiliki tujuan yaitu untuk mengubah data mentah menjadi informasi yang berguna dan dapat memberikan pengetahuan relevan untuk proses pengambilan keputusan di dalam suatu badan usaha atau organisasi. Untuk dapat disebut informasi berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar yaitu tepat kepada orangnya atau relevan (relevance), tepat waktu (timeliness), dan tepat nilainya atau akurat (accurate).

Fungsi Sistem Informasi

·      Mengumpulkan data masukan, menyimpan data, menghasilkan luaran informasi 

·      Mampu menganalisa dan meminimalisir terjadinya kerugian/kegagalan

·      Memberikan aksesibilitas yang baik kepada pengguna

·      Dapat mencapai tujuan secara cepat

·      Mampu meningkatkan produktivitas kerja pada seluruh stakeholders

Definisikan stakeholder 

Menurut seorang ahli, Freeman, stakeholder didefinisikan sebagai suatu individu atau kelompok yang saling mempengaruhi serta dipengaruhi untuk mencapai tujuan dari organisasi atau perusahaan. Secara istilah umum stakeholder merupakan kelompok, individu atau organisasi yang berkumpul untuk suatu hal yang sama dan dipengaruhi oleh hasil suatu proyek. Mereka memiliki minat pada keberhasilan proyek, dan dapat berada di dalam atau di luar organisasi yang mensponsori proyek.

Stakeholder dikelompokkan menjadi dua yaitu stakeholder internal dan stakeholder eksternal. Stakeholder internal meliputi organisasi / industri itu sendiri, pemegang saham, pemilik bisnis, dan para karyawan. Sedangkan stakeholder eksternal meliputi konsumen, supplier, pesaing, investor, pemerintah, sebuah komunitas lokal di suatu daerah, media, masyarakat secara umum, dll.

Siapa aja usernya     

1. Manajer, yang terdiri dari 3 tingkatan yaitu: 

a. Manajer Puncak (Top Manager) yang bertugas sebagai perencana strategis, bertanggung jawab atas keseluruhan manajemen dalam sebuahorganisasi. 

b. Manajer Garis Menengah (Middle Manager) yang bertugas sebagai pengendali manajemen, dapat mencakup lebih dari satu tingkatan dalam sebuah organisasi.

c. Manajer Garis Pertama (First Line) yang bertugas sebagai pengendali operasional, dan merupakan tingkatan manajer paling rendah dalam sebuah organisasi, bertanggung jawab atas pekerjaan orang lain. 

 

2. Non Manajer, yaitu karyawan yang merupakan sumber daya manusia sebagai penggerak utama sebuah perusahaan. 

 

3. Orang-orang dan perusahaan-perusahaan yang ada dalam lingkungan perusahaan, seperti:  

a. Supervisor adalah seseorang yang menangani orang-orang yang memproduksi atau melakukan kinerja pelayanan. 

b. Pimpinan Proyek adalah seseorang yang menerima tanggung jawab untuk mengelola sebuah proyek. 

 

Tampilkan inputannya

Input merupakan bagian dari sistem yang bertugas untuk menerima data masukan dimana data dapat berupa asal masukan, frekuensi masukan data dan jenis masukan data.

 

Tampilkan outputannya

Output merupakan keluaran atau tujuan dari sistem yang didapat dari input dan proses yang dilakukan

 

Referensi :

https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-sistem-informasi/

https://www.ekrut.com/media/sistem-informasi-adalah

https://bsi.today/pengertian-sistem-informasi/

https://komputerisasi-akuntansi-d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Sistem-Informasi-adalah-Kombinasi-Teknologi-dan-Aktivitas-Manusia/371822d2fa85504960f9581cfaeae6e7059bab61

https://idcloudhost.com/sistem-informasi-adalah/

https://idcloudhost.com/pengertian-klasifikasi-peran-dan-fungsi-stakeholder/

https://binus.ac.id/malang/2018/10/stakeholder-dan-tanggung-jawab-sosial-perusahaan/

https://www.researchgate.net/publication/336128431_TUGAS_SISTEM_INFORMASI_MANAJEMEN_PENGGUNA_DAN_PENGEMBANG_SISTEM

https://elib.unikom.ac.id/download.php?id=8125

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 4 - Seleksi dan Manajemen Proyek

Seleksi dan Manajemen Proyek Study case  Aplikasi HR  :  GreatDay HR - Metodologi proyek     Metodologi agile merupakan rekomendasi pertama untuk aplikasi GreatDayHR. P ada sistem ini, pelanggan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda seiring jalannya proyek. Maka, metodologi agile sangat sesuai dengan kebutuhan sistem tersebut, dimana metodologi ini dapat menyesuaikan kondisi proyek berdasarkan perubahan di tengah proses manajemen. Selain itu, juga cocok untuk dikembangkan oleh tim kecil karena metode ini menawarkan cara kerja yang dinamis dalam bekerja dan berkolaborasi. Karena banyak nya keunggulan tersebut, saya rasa metodologi ini cocok digunakan dalam proyek pengembangan aplikasi GreatDay HR. - Penjadwalan dan Perencanaan Kerja - Pembagian Tim dan Tugas - Manajemen Resiko     Didalam suatu proyek pasti ada kemungkinan hal hal yang tidak diinginkan terjadi. Resiko-resiko tersebut seharusnya dapat diantasipasi sejak awal, tetapi tidak semua rencana selalu berjalan lancar. Maka dari it

Pengantar PBKK

     Halo! Izinkan saya memperkenalkan diri, saya adalah Jawahirul Wildan, mahasiswa semester 5 jurusan Teknik Informatika di ITS. NRP saya adalah 5025211150. Saat ini, saya tengah mengikuti mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja dengan kode kelas A.      Saya senang ingin berbagi bahwa segala hasil kerja keras saya dalam mata kuliah ini akan saya unggah di blog pribadi saya di alamat jawahirulwildan.blogspot.com . Bagi Anda yang tertarik untuk melihat perkembangan proyek dan tulisan saya, silakan mengunjungi blog tersebut.      Selain itu, saya sangat terbuka untuk berkomunikasi dan berdiskusi secara lebih langsung. Anda bisa menghubungi saya melalui email di jawahirulwildan@gmail.com . Saya sangat menghargai setiap masukan, pertanyaan, atau diskusi yang bisa memperkaya pemahaman kita.      Sebagai catatan, saya juga memiliki pengalaman dalam pengembangan aplikasi, terutama dalam kerja kelompok. Saya pernah mengerjakan sebuah aplikasi peminjaman online menggunakan framework N

Quiz PBKK Kelas A

 Quiz PBKK A     Pada kesempatan kali ini saya mengerjakan soal Quiz, berikut merupakan hasil dari pemikiran saya : 1. Jelaskan struktur framework , dan apa saja kegunaanya dalam pengembangan Perangkat Lunak?      Framework (kerangka kerja) adalah seperangkat aturan, pedoman, dan alat yang disediakan untuk membantu developer dalam membangun aplikasi atau sistem dengan lebih efisien.       Struktur framework adalah organisasi atau tata letak umum dari komponen, direktori, dan berkas yang digunakan dalam sebuah proyek yang dibangun dengan menggunakan framework tersebut. Struktur framework dirancang untuk menyediakan kerangka kerja yang konsisten dan terstruktur.Setiap framework dapat memiliki struktur yang berbeda tergantung pada tujuannya. Kegunaannya dalam pengembangan perangkat lunak antara lain : Meningkatkan Produktivitas : Developer tidak perlu membuat dari awal, karena komponen dan alatnya sudah tersedia Standarisasi: Penggunaan framework menghasilkan penulisan code yang konsisten